Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying pada E-commerce Tokopedia di Kota Surabaya

Authors

  • Zumrotul Liana Putri Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur, Indonesia
  • Hery Pudjoprastyono Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6222

Abstract

Perkembangan teknologi terjadi di Indonesia dengan pesat, salah satu terobosan yang muncul ialah adanya e-commerce untuk kebutuhan bisnis salah satunya Tokopedia. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan analisis pengaruh dari hedonic shopping motivation serta sales promotion terhadap impulse buying pada e-commerce Tokopedia di Surabaya. Penelitian masuk kategori penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dipakai yakni non-probability sampling melalui purposive sampling. Perolehan data berasal dari penyebaran kuesioner dengan pengukuran skala likert dan memperoleh 105 responden. Analisis data memakai metode analisis Partial Least Square (PLS) yang menghasilkan uji validitas, uji reliabilitas, structural model serta uji hipotesis. Hasil yang diperoleh mengungkapkan bahwa hedonic shopping motivation mempengaruhi impulse buying. Sedangkan sales promotion tidak mempengaruhi impulse buying.

Published

2024-12-02

How to Cite

Putri, Z. L., & Pudjoprastyono, H. . (2024). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation dan Sales Promotion terhadap Impulse Buying pada E-commerce Tokopedia di Kota Surabaya. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13707-13711. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6222