Inovasi Pembelajaran untuk Generasi Bermoral

Authors

  • Tri Indah Kusumawati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Enny Nazrah Pulungan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Amilia Sanggar Wati Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6170

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di UIN SU sebagian mahasiswa kehilangan arah dan kurang memiliki moral. Inovasi pembelajaran yang dibuat dosen membuat kesadaran diri bagi mahasiswa pentingnya memiliki moral yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seperti apa inovasi pembelajaran membuat mahasiswa memiliki moral. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, subjek penelitian yaitu satu orang dosen UIN SU Tadris Bahasa Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan inovasi pembelajaran untuk membuat generasi menjadi bermoral membuat mahasiswa memahami pentingnya memiliki moral yang baik. Dosen memberikan pendekatan yang menyeluruh dan integratif dalam pengajarannya, dan menutup perkuliahan dengan memberikan perumpamaan. Dosen memainkan peran penting dalam membentuk karakter mahasiswa, serta mengajarkan nilai-nilai moral melalui berbagai metode pembelajaran melalui diskusi. Penelitian ini dapat menjadi acuan bagi institusi pendidikan untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran membuat generasi yang tidak hanya cerdas tetapi juga bermoral.

Published

2024-12-04

How to Cite

Kusumawati, T. I., Pulungan, E. N. ., & Wati, A. S. . (2024). Inovasi Pembelajaran untuk Generasi Bermoral. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13980-13986. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6170