Pengaruh Person–Organization Fit dan Efikasi Diri terhadap Organizational Citizenship Behavior Guru dengan Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi di Sekolah XYZ

Authors

  • Tan Triwanti Universitas Pelita Harapan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5849

Abstract

Penerapan Organizational Citizenship Behavior di kalangan guru dalam lingkungan sekolah sangat penting karena kontribusi guru terhadap sekolah dan kemajuan organisasinya memerlukan lebih dari sekadar menjalankan tugas yang telah ditentukan dalam deskripsi pekerjaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh Person-Organization Fit dan Efikasi Diri terhadap Organizational Citizenship Behavior guru dengan Kepuasan Kerja sebagai mediasi di sekolah dasar XYZ, Jakarta. Penelitian dengan pendekatan kuantitatif menggunakan aplikasi Partial Least Square-Structural Equation Modelling. Pengumpulan data melalui survey data kuesioner menggunakan skala Likert dengan jumlah responden sebanyak 134 guru. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa Person-Organization Fit, Efikasi Diri dan Kepuasan Kerja berpengaruh positif terhadap Organizational Citizenship Behavior di sekolah dasar XYZ, Jakarta. Person-Organization Fit dan Efikasi Diri berpengaruh positif terhadap Kepuasan Kerja. Tetapi Kepuasan Kerja tidak memiliki pengaruh mediasi.

Published

2024-09-06

How to Cite

Triwanti, T. . (2024). Pengaruh Person–Organization Fit dan Efikasi Diri terhadap Organizational Citizenship Behavior Guru dengan Kepuasan Kerja Sebagai Mediasi di Sekolah XYZ. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(9), 11077-11083. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5849