Analisis Respon Guru Matematika Jenjang SMA di Kabupaten Landak terhadap Standart Penilaian dalam Kurikulum Merdeka

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5686

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan respon guru matematika SMA di Kabupaten Landak terhadap standar penilaian dalam Kurikulum Merdeka. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, data dikumpulkan melalui kuesioner, observasi, dan wawancara dari 32 guru di 13 kecamatan serta observasi di tiga sekolah. Hasil penelitian menunjukkan mayoritas guru memiliki pemahaman yang baik terhadap standar penilaian, dengan rata-rata pemahaman 76.81%. Sebanyak 62.5% guru sangat paham, dan 12.5% paham. Guru secara konsisten merumuskan tujuan penilaian dan menggunakan berbagai instrumen seperti tes tertulis, proyek, dan observasi, meskipun 46.875% merasa cukup sulit mengembangkan instrumen yang sesuai. Sebagian besar guru menggunakan teknologi dalam pengolahan hasil penilaian, dan hasil penilaian sering digunakan untuk memperbaiki rencana pembelajaran. Sebanyak 50% guru selalu memberikan umpan balik spesifik dengan respon siswa yang sangat positif. Observasi menunjukkan Sekolah A sebagai contoh penerapan efektif, sementara Sekolah B dan C memerlukan peningkatan. Wawancara mengungkapkan pemahaman yang baik tentang penilaian holistik namun ada tantangan dalam menilai aspek afektif dan psikomotorik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa guru-guru matematika SMA di Kabupaten Landak memiliki pemahaman dan penerapan yang baik terhadap standar penilaian Kurikulum Merdeka, tetapi masih diperlukan pelatihan tambahan dan dukungan untuk meningkatkan implementasi standar penilaian ini.

Published

2024-08-01

How to Cite

Analisis Respon Guru Matematika Jenjang SMA di Kabupaten Landak terhadap Standart Penilaian dalam Kurikulum Merdeka. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(8), 7678-7685. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i8.5686