Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Kenangan

Authors

  • Yesda Simamora Universitas Riau, Indonesia
  • Henny Indrawati Universitas Riau, Indonesia
  • M. Yogi Riyantama Universitas Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.5526

Abstract

Kunjungan pelanggan ke sebuah coffeeshop, selain ingin menikmati produk makanan atau minuman, konsumen juga mengharapkan pengalaman yang berbeda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh suasana toko dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Kopi Kenangan di Kota Pekanbaru. Sampel penelitian terdiri dari 50 orang yang ditentukan dengan accidental sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang disebarkan langsung kepada konsumen dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menemukan suasana toko dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen kopi kenangan. Suasana toko yang nyaman serta pelayanan yang cepat dan ramah terbukti meningkatkan kepuasan konsumen. Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara suasana toko terhadap kepuasan konsumen kopi kenangan. Semakin baik suasana toko, maka kepuasan konsumen juga akan semakin meningkat. Selain itu, hasil penelitian juga menemukan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Semakin tinggi kualitas pelayanan yang disediakan, semakin besar juga peningkatan kepuasan konsumen.

Published

2024-12-06

How to Cite

Simamora, Y. ., Indrawati, H. ., & Riyantama, M. Y. . (2024). Pengaruh Suasana Toko dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen Kopi Kenangan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14115-14123. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.5526