Pengaruh Penggunaan Media PLAYING (Playmat Singing) terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Vokal pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.5502Abstract
Kemampuan mengenal huruf vokal pada anak usia dini merupakan salah satu aspek perkembangan bahasa yang perlu diberikan stimulasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeahui apakah terdapat pengaruh media Playing (Playmat Singing) terhadap kemampuan mengenal huruf vokal anak pada kelompok TK-A yaitu anak usia 4-5 Tahun. Metode yang digunakan yaitu metode kuantitatif eskperimen dengan jenis penelitian quasi eskperimental design. Quasi eskperimental design dalam penelitian ini menggunakan nonequivalent control group design dimana pada penerapannya menggunakan pre-test post-test menggunakan rating scale (skala likert). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah anak kelompok TK-A yang berjumlah 30 disalah satu lembaga pendidikan di daerah Gresik. Analisis data menggunakan SPSS 26 menghasilkan nilai 0,011 yang dimana hasil tersebut lebih kecil dari batas signifikan 5% atau 0,05 (0,011<0,05). Maka dari itu Ho ditolak dan Ha dapat diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Playing (Playmat Singing) terhadap kemampuan mengenal huruf vokal pada anak usia 4-5 tahun. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi masukan bagi guru agar lebih kreatif untuk membuat rencana kegiatan pembelajaran yang menarik salah satunya dengan menggunakan media Playing (Playmat Singing).