Pengembangan Aplikasi Game Kotapin (Kosakata Pintar) terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Alfina Aminatul Sholikah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Dewi Komalasari Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Rachma Hasibuan Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Melia Dwi Widayanti Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.5500

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan bahasa anak yang belum sesuai dengan standar tingkat perkembangan anak usia 4-5 tahun, khususnya pada perkembangan bahasa dalam kemampuan kosakata aktif-produktif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kelayakan dan keefektifan media aplikasi game Kotapin dalam menstimulasi penguasaan kosakata aktif-produktif anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakann dalam penelitian pengembangan ini yaitu model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Uji kelayakan pada produk dapat dilihat dari hasil penelitian instrumen ahli materi dengan presentase 90,62%, sedangkan ahli media memperoleh presentase 90,62%, maka hasil penilaian instrumen dinyatakan sangat layak digunakan untuk pembelajaran. Selain itu penilaian yang dilakukan untuk menguji keefektifan dengan menggunakan uji Mann Whitney menunjukkan bahwa Asymp.Sig (2-tailed) bernilai 0,013 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan rata-rata antara dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang artinya terdapat pengaruh aplikasi game Kotapin (Kosakata Pintar) untuk meningkatkan kemampuan kosakata aktif-produktif anak usia 4-5 tahun.. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media game Kotapin (Kosakata Pintar) efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan kosakata aktif-produktif pada anak usia 4-5 tahun.

Published

2024-12-11

How to Cite

Sholikah, A. A. ., Komalasari, D. ., Hasibuan, R. ., & Widayanti, M. D. . (2024). Pengembangan Aplikasi Game Kotapin (Kosakata Pintar) terhadap Kemampuan Kosakata Anak Usia 4-5 Tahun. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14275-14280. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.5500