Analisis Sense of Community pada Komunitas Dear Flicka Friends sebagai Strategi Brand Loyalty di Instagram
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.5202Abstract
Penelitian ini membahas tentang Sense of Community pada komunitas Dear Flicka Friends sebagai strategi Brand Loyalty di Instagram. Dear Flicka Friends merupakan event community yang dibentuk oleh brand Fashion lokal, Flicka Bags, yang menyediakan produk tas berkualitas baik dengan harga terjangkau. Dahulu, keberadaan komunitas online di Indonesia dikelilingi oleh brand kosmetik lokal yang memberikan dampak positif pada brand dan konsumennya. Hal tersebut mendorong pembentukan Dear Flicka Friends sebagai strategi pemasaran yang ditujukan untuk meningkatkan kedekatan dengan konsumen Flicka Bags. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Brand Loyalty konsumen di Instagram melalui metode Sense of Community Dear Flicka Friends. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan, yaitu menggunakan teori dari McMillan & Chavis, Sense of Community. Hasil penelitian menunjukkan dari 4 nilai komunitas dalam Dear Flicka Friends, ditemukan bahwa Fulfillment of Needs dirasakan oleh semua anggota dengan adanya Influence terhadap penjualan produk. Namun, keberadaan Emotional Connections dan Sense of Membership dirasakan, tapi tidak menyeluruh, karena belum ada penguatan dari sistem keanggotaan komunitas. Meskipun demikian, Brand Loyalty terhadap Flicka Bags ditemukan dari adanya ketertarikan setelah mengikuti kegiatan Dear Flicka Friends.