Manajemen Penyelarasan Kurikulum Kursus dan Pelatihan Operator Mesin Jahit Industri Garmen dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dress Making Kota Cimahi dan LKP Karya Mandiri Kabupaten Bandung
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.505Abstract
Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah berkenaan dengan Fenomena yang ada di LKP yang berkaitan dengan kesenjangan antara harapan dan kenyataan serta kelemahan dalam meningkatkan kualitas peserta didik, tugas tutor dan peserta didik yang belum bisa diharapkan sesuai harapan peserta didik belajar ada tuntutan untuk meningkatkan kemampuan yang melekat pada sosok peserta didik dan tutor. Tujuan dari penelitian ini, 1) ingin mengerathui perencanaan manajemen pendidikan dan pelatihan meningkatkan kualitas peserta didik. 2) Ingin mengetahui pelaksanaan manajemen pendidikan dan pelatihan di LKP. 3) Ingin mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kualitas peserta didik. 4) Ingin mengetahui pengawasan dan evaluasi pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kualitas peserta didik dengan memperhatikan indikator pencapaian yang ditetapkan berdasarkan program yang dirumuskan. Metode yang digunakan adalah kualitatif Teori digunakan teori George Tery, prosudur penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, dari hasil penelitian menunujukan bahwa manajemen penyelarasan kursus dan pelatihan dalam meningkatkan kualitas peserta didik merupakan upaya lembaga dalam memaksimalkan sumber daya manusia berdasarkan visi dan misi dalam meningkatkan kualitas. Simpulan manajemen penyelarasan kurikulum kursus dan pelatihan dalam meningkatkan kualitas peserta didik berkaitan erat dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing sumber daya di LKP sudah sesuai dengan tugas pokok dan fungsi, tetapi dalam implementasinya masih terdapat program yang belum dilaksanakan secara maksimal.