Penerimaan Audiens terhadap Brand Ambassador Pria pada Iklan Pantene Miracles Hair Supplement

Authors

  • Wahyu Santoso Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Ririn Puspita Tutiasri Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia
  • Windri Saifudin Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4766

Abstract

Brand Ambassador adalah cerminan dari suatu produk, dimana khalayak akan tertarik pesan yang disampaikan. Penggunaan Brand Ambassador yang tepat dalam suatu produk akan menambah nilai suatu produk.  Perubahan gender dalam suatu produk dapat memberikan persepsi yang berbeda pada khalayak. Hal ini sama dengan yang dilakukan oleh produk perawatan rambut Pantene, produk ini selalu menggunakan Brand Ambassador perempuan. Akan tetapi pada produk Pantene Miracles Hair Supplement  menggunakan Brand Ambassador dengan gender pria yang diperankan oleh selebriti Keanu Angelo. Peneliti ingin melihat bagaimana penerimaan audiens terhadap Brand Ambassador Pria Pada Iklan Pantene Miracles Hair Supplement. Penelitian penerimaan audiens tidak hanya mengekelompokan temuan penelitian pada tiga golongan yakni Dominant-hegemonic position, Negotiated  position, Negotiated  position, Oppositional  position, dimana juga mengali bagaimana audiens memaknai pesan Pada penelitian Penerimaan audiens ini peneliti melakukan wawancara kepada 12 orang yang sudah melihat iklan Pantene Miracles Hair Supplement. Hasil dari penelitian ini ada dua dimana penggunaan Brand Ambassador dapat mempengaruhi citra suatu brand, serta dapat memperluas pangsa pasar.

Published

2024-05-27

How to Cite

Santoso, W. ., Tutiasri, R. P. ., & Saifudin, W. . (2024). Penerimaan Audiens terhadap Brand Ambassador Pria pada Iklan Pantene Miracles Hair Supplement . JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(5), 5169-5177. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i5.4766