Peran Guru PAI dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moderasi Beragama Serta Dampaknya pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 10 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i7.4345Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gejala dan fenomena yang terjadi terkait masalah penelitian. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif fenomenologi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama ialah sebagai pembimbing, uswah atau model, penasihat, pengajar serta pendidik, fasilitator, dan motivator. Faktor pendukung guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama ialah; pertama siswa yang memiliki kecerdasan intelektual, emosional, dan spiritual; kedua pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman yang dimiliki oleh guru PAI; ketiga interaksi dan metode; keempat karakteristik kelompok siswa yang mempunyai jiwa kepemimpinan, keakraban, solidaritas, dan kekompakan; kelima fasilitas; keenam mata pelajaran; ketujuh lingkungan sekitar. Faktor penghambat guru PAI dalam menanamkan nilai-nilai moderasi beragama ialah; pertama karakteristik siswa yang kurang peduli dengan arahan guru, dan siswa yang kurang memiliki self-control; kedua keterbatasan waktu yang dimiliki oleh guru PAI; ketiga karakteristik kelompok siswa yang kurang terbuka dengan lingkungan sekitar; keempat keterbatasan jam pelajaran PAI; kelima lingkungan luar sekolah, globalisasi, dan kemajuan teknologi. Dampak dari penanaman nilai-nilai moderasi beragama membuat siswa memiliki pribadi yang proporsional, semangat serta khusyu’ dalam ibadah, interaksi antar sesama dengan kasih mengasihi serta menjaga kerukunan, menajaga ketertiban sosial, dan sikap berkewarganegaraan.