Hubungan Epistemologi dan Ontologi terhadap Landasan Teori Bimbingan dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3745Abstract
Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa tidak banyak penelitian yang mengaitkan paradigma filosofis Bimbingan dan Konseling (BK) dengan cara teori tersebut diterapkan di Indonesia. Tujuan penelitiannya adalah untuk menganalisis hubungan epistemologi dan ontologi terhadap landasan teori BK melalui kajian pustaka kualitatif. Tahapan penelitiannya mencakup pengumpulan data dari literatur terkait, analisis induktif data, dan penyampaian hasil analisis dalam bentuk cerita. Hasilnya menunjukkan bahwa praktik kolaboratif dan pemberdayaan konseli dalam BK selaras dengan paradigma relativisme dan konstruktivisme. Hasil kajian harus divalidasi dan landasan BK yang responsif untuk membantu konseli secara holistik harus diperkuat dengan penelitian campuran. Diharapkan kesejahteraan konseli akan meningkat sebagai hasil dari penerapan paradigma-praksis BK terintegrasi ini. Dalam dunia nyata, ini memiliki dampak yang signifikan terhadap pelatihan konselor untuk menerapkan praktik konseling kontekstual dan memperluas pemahaman filosofis BK. Selain itu, temuan penelitian ini berguna sebagai referensi untuk studi masa depan yang berkaitan dengan masalah serupa.