Strategi Pemanfaatan Media Sosial dalam Rangka Penguatan Reputasi Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3672Abstract
Reputasi positif perguruan tinggi merupakan akumulasi dari persepsi kuat dan citra yang melekat terhadap kemampuan perguruan tinggi tersebut dalam memenuhi harapan berbagai stakeholder. Reputasi tersebut hanya akan terbentuk jika ada upaya konsisten jangka panjang yang mengkombinasikan secara tepat komponen kinerja dan perilaku organisasi dengan komponen strategi untuk mengkomunikasikan kinerja tersebut. Jangkauan media sosial yang luas serta aksesnya yang cepat dan mudah, dapat dimanfaatkan perguruan tinggi sebagai saluran komunikasi untuk menginformasikan kinerjanya kepada berbagai stakeholder. Telkom University merupakan perguruan tinggi termuda di Indonesia yang dalam tiga tahun terakhir berhasil masuk dalam daftar pemeringkatan Quacquarelli Symonds World University Rankings, dimana 45% bobot penilaian berasal dari indikator Academic Reputation dan Employer Reputation. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemanfaatan media sosial yang diterapkan oleh Telkom University dalam rangka memperkuat reputasinya. Dengan metode deskriptif kualitatif, dilakukan wawancara terhadap tim humas dan juga analisis isi media sosial akun Instagram @telkomuniversity.