Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Membangun Budaya Kelas di Sekolah Anuban Khon Kaen, Thailand

Authors

  • Siti Yulaichah Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Neni Mariana Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
  • Ari Metalin Ika Puspita Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3644

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan utama untuk menyelidiki implementasi pembelajaran berdiferensiasi yang diterapkan di Sekolah Anak-Anak Anuban Khon Kaen dan untuk menganalisis dampaknya terhadap budaya kelas. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus untuk mendapatkan pemahaman mendalam tentang suatu kejadian atau fenomena dalam konteks kehidupan sehari-hari. Partisipan penelitian melibatkan siswa dan guru di Anuban Khon Kaen School, Thailand. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara dan observasi sebagai instrumen utama. Data dianalisis menggunakan analysis interactive model dengan tahapan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi di Anuban Khon Kaen School menunjukkan dedikasi guru dalam merencanakan pembelajaran terstruktur dan responsif terhadap perbedaan individual siswa. Guru menjalankan peran aktif dan responsif, menciptakan lingkungan inklusif dan dinamis. Keterlibatan peserta didik tercermin dalam partisipasi aktif, motivasi intrinsik, dan pengelolaan perbedaan kompetensi. Manajemen kelas yang baik, penggunaan teknologi, dan evaluasi pembelajaran menjadi strategi integral dalam menciptakan atmosfer pembelajaran yang mendukung dan responsif. Sebagai hasilnya, Anuban Khon Kaen School mempromosikan budaya kelas yang inklusif dan mendukung perkembangan holistik peserta didik.

Published

2024-03-01

How to Cite

Yulaichah, S. ., Mariana, N. ., & Puspita, A. M. I. . (2024). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Membangun Budaya Kelas di Sekolah Anuban Khon Kaen, Thailand. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2319-2330. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3644