Profesionalitas Guru BK melalui Program PPG dalam Jabatan: Literatur Review

Authors

  • Agustina Cahyaningrum Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Kristina Betty Artati Universitas Negeri Jakarta, Indonesia
  • Happy Karlina M. Universitas Negeri Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3594

Abstract

Profesionalitas kompetensi guru menjadi salah satu syarat utama dalam mewujudkan pendidikan bermutu. Pemerintah telah mengupayakan langkah-langkah strategis untuk meningkatkan profesionalitas guru-guru di tanah air. Program PPG adalah program pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana  atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan atau pendidikan menengah. Untuk meningkatkan kompetensi guru BK/konselor sekolah dalam penguasaan kompetensinya sebagai guru dan penolong yang professional pemerintah melakukan berbagai upaya melalui program-program Pendidikan dan pelatihan. Salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kompetensi para guru bimbingan dan konseling atau konselor sekolah adalah   Pendidikan Profesi Guru (PPG). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kajian literatur atau studi kepustakaan, metode riset kepustakaan (library research). Hasil penelitian ini menunjukkan  bahwa Program PPG Dalam Jabatan mengalami perubahan regulasi dari tahun ke tahun, hal ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas dari Program Profesionalitas Guru, sehingga diharapkan Guru semakin memiliki kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. Dengan mengikuti Program Profesi, guru BK dapat memberikan sumbangsih yang sangat baik, membuat kompetensi konselor yang dimiliki meningkat pesat.

Published

2024-03-01

How to Cite

Cahyaningrum, A., Artati, K. B., & M., H. K. (2024). Profesionalitas Guru BK melalui Program PPG dalam Jabatan: Literatur Review. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2293-2299. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3594