Persepsi Orang Tua terhadap Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini di TK Glorya Nunhila, Kota Kupang-NTT

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3495

Abstract

Penelitian ini mengkaji persepsi orang tua murid tentang pendidikan seks pada anak usia dini di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Fenomena kekerasan seksual terhadap anak yang dapat terjadi kapanpun dan dimanapun menunjukkan kebutuhan mendesak untuk pendidikan seks yang efektif pada anak usia dini. Maraknya kasus kekerasan seksual terhadap anak dipicu oleh rendahnya pemahaman sex education, yang seharusnya menjadi tanggung jawab orang tua sebagai individu terdekat dengan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua di TK Glorya Nunhila - Kota Kupang tentang pendidikan seks pada anak usia dini dan bagaimana persepsi tersebut memengaruhi penerapan pendidikan seksual untuk anak usia dini di kota tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menekankan pada sisi kualitas entitasnya, dalam memberikan jawaban yang berkualitas. Hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemikiran tentang pentingnya pendidikan seks pada anak usia dini di Kota Kupang-NTT, serta menjadi landasan untuk meningkatkan pemahaman dan praktik pendidikan seks pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan langkah awal dalam mengatasi masalah kekerasan seksual terhadap anak di wilayah ini.

Published

2024-03-06

How to Cite

Persepsi Orang Tua terhadap Pendidikan Seks untuk Anak Usia Dini di TK Glorya Nunhila, Kota Kupang-NTT. (2024). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2158-2164. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.3495