Peran Guru dalam Mewujudkan Manajemen Kelas Efektif terhadap Minat Belajar Siswa kelas IV di SDN 55/I Sridadi

Authors

  • Inggrid Ria Kinasih Universitas Jambi, Indonesia
  • Framesti Putri Intan Kusuma Universitas Jambi, Indonesia
  • Titik Ratnasari Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3100

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tiga aspek pengelolaan kelas yang efektif: 1) peran guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV di SDN 55/I Sridadi; 2) keterbatasan guru dalam menumbuhkan minat belajar siswa kelas IV; dan 3) strategi untuk mengatasi hambatan. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah semua metode pengumpulan data. Mengurangi, menyajikan, dan memverifikasi data untuk analisis data. Triangulasi sumber dan metode adalah metode yang digunakan untuk memverifikasi keabsahan data. Dengan desain penelitian deskriptif, penelitian kualitatif dilakukan. Guru dan siswa di kelas empat dijadikan sebagai informan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peran guru dalam mengendalikan minat belajar siswa kelas IV: a) Pengorganisasian kelas, b) Pengawasan siswa, dan c) Meningkatkan minat belajar siswa 2) Keterbatasan guru dalam mengelola kelas secara efektif di kaitannya dengan minat belajar siswa kelas IV: a) siswa yang mudah bosan saat belajar; b) siswa yang mudah dipengaruhi oleh teman-temannya sampai membuat gaduh saat belajar; dan c) siswa yang tidak mau mengerjakan tugas. 3) Cara mengatasi keterbatasan guru dalam pengelolaan kelas yang efektif bagi siswa kelas IV yang berminat belajar: a) Mendekati siswa, b) Mengingatkan siswa akan aturan yang telah ditetapkan bersama, dan c) Menggunakan media pembelajaran yang menarik.

Published

2023-10-01

How to Cite

Kinasih, I. R. ., Kusuma, F. P. I. ., Ratnasari, T. ., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Peran Guru dalam Mewujudkan Manajemen Kelas Efektif terhadap Minat Belajar Siswa kelas IV di SDN 55/I Sridadi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7468-7473. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3100