Efektifitas Rational Behavior Therapy (REBT) untuk Mereduksi Akademik Stress pada Peserta Didik: Literature Riview
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3097Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui Efektivitas Rational Behavior Therapy untuk mereduksi stress akademik. Penelitian ini menggunakan studi literatur, karena dalam studi literatur peneliti melakukan pengumpulan data dari berbagai sumber penelitian sebelumnya dengan membahas topik yang sama, adapun untuk penelitian ini penulis menggunakan 10 jurnal ilmiah dengan rentang waktu maksimal 8 tahun kebelakang yaitu dari tahun 2016-2023 yang membahas “Efektivitas REBT untuk Mengurangi Stres Akademik” sedangkan untuk metode pencarian jurnal tersebut menggunakan pangkalan data Internasional yaitu Google Scholar dan ResearchGate. Berdasarkan bukti-bukti yang ada, dapat disimpulkan bahwa Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) terbukti efektif dalam mereduksi stres akademik. Penelitian dan studi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan REBT dalam konteks stres akademik memberikan hasil yang positif.