Meningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak dengan Bermain Play Dough dan Loose Parts di KB/TK Satria Tunas Bangsa Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3083

Abstract

Anak usia dini merupakan sekelompok manusia yang sedang berada dalam proses perkembangan dan pertumbuhan. Kemampuan motorik sangatlah penting untuk di kembangkan terutama dalam motorik halus, tetapi masih ada beberapa masalah yang berkaitan dengan keterampilan motorik halus anak yang belum maksimal yang menjadi latar belakang dalam penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah Tindakan kelas (class room action research). Dengan teori Kurt Lewin dengan empat komponen perencanaan (planning), tindakan pengamatan (observing), tindakan pengamatan (observing) dan refleksi (reflection). Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di sekolah KB/TK Satria Tunas Bangsa Salatiga. Teknik pengumpulan data observasi, dokumentasi, dan tes yang terdapat didalam indikator. Dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Pada penelitian ini terjadi pra-siklus dan siklus 1 dimana pada pra-siklus peneliti mengumpulkan informasi awal yang ada dilapangan guna untuk melihat kemampuan motorik halus pada anak sebelum dilakukannya tindakan pada tahapan selanjutkan. Untuk menindaklanjuti pra-siklus maka diadakannya siklus 1, hasil yang di dapat terjadi peningkatan pada siklus 1. Bermain play dough dan loose parts terdapat peningkatan presentase kemampuan motorik halus dalam setiap indikatornya. Dari hasil penelitian diatas terlihat bahwa adanya peningkatan setelah diberikan tindakan pada siklus I dibandingkan pada tahap pra-siklus. Dimana presentase nya bahwa terdapat 6 orang anak dalam tahap cukup berkembang dengan presentase (50%) dan 6 orang anak dalam tahap sangat berkembang dengan presentase (50%).

Published

2023-10-03

How to Cite

Meningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak dengan Bermain Play Dough dan Loose Parts di KB/TK Satria Tunas Bangsa Salatiga. (2023). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8235-8241. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3083