Presepsi Guru terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Loose Parts

Authors

  • Lidya Fransisca Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia
  • Maria Melita Rahardjo Universitas Kristen Satya Wacana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3082

Abstract

Pemilihan startegi belajar menjadi penting ketika dikaitkan dengan keberhasilan belajar anak serta dalam rangka mengembangkan potensi yang dimiliki anak usia dini. seperti penggunaan loose parts dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah presepsi guru mempengaruhi penggunaan loose parts dikelas dan menjadi penyebab utama Minimnya penggunaan Loose Parts sebagai media belajar dikelas.  Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengambil 3 (tiga) orang responden, yang mana tiga orang responden ini adalah guru yang sedang aktif mengajar. Metode pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, wawancara dan observasi. Teknik wawancara dilakukan struktur dan tidak tersruktur denggan menggunakan pedoman wawancara. Teknik observasi dilakukan dengan cara anecdotal. Analisa data bersifat deskrptif Hasil penelitian menunjukan ada empat pembahasan yang menjadi presepsi guru yaitu: (1) Loose Parts adalah tanaman, (2) Loose parts meningkatkan kreativitas anak, (3) Ketertrarikan anak Ketika belajar menggunakan loose parts dikelas, (4) Anak memiliki batasan dalam penggunaan lose parts.

Published

2023-10-03

How to Cite

Fransisca, L. ., & Rahardjo, M. M. (2023). Presepsi Guru terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Loose Parts. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8229-8234. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3082