Implementasi Pembelajaran Intergrasi Al-Qur’an dan Sains pada Mata Pelajaran Tafsir Kauni di SMA Trensains Muhammadiyah di Sragen Tahun 2022
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3081Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran mata pelajaran Tafsir Kauni dalam mengintegrasikan Al-Qur'an dan IPA di SMA Trensains Muhammadiyah Sragen; dan untuk mengetahui hambatan dan dukungan dalam melaksanakan pembelajaran. Metode penelitian ini tergolong penelitian kualitatif yang menitikberatkan pada penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Objek penelitiannya adalah SMA Muhammadiyah Trensains Sragen. Sedangkan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru dan siswa. Validasi data dilakukan dengan triangulasi, analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan integrasi mata pelajaran Tafsir Kauni dengan Al Quran mengacu pada RPP sebagai penunjang proses pendidikan, mengembangkan pola pikir peserta didik dalam belajar. Integrasi ilmu pengetahuan dilakukan agar tidak terjadi dikotomi antar ilmu; 2) Kendala pertama adalah latar belakang guru, siswa yang berasal dari sekolah negeri. Upaya untuk mengatasi hal tersebut antara lain dengan mengadakan pelatihan guru mata pelajaran untuk mencapai pembelajaran yang efektif dan efisien.