Eksplorasi Kebutuhan Media Pembelajaran Interaktif dalam Mempersiapkan Siswa untuk Memahami Bahasa Jawa di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v7i1.3074Abstract
Eksplorasi Kebutuhan Media Pembelajaran Interaktif dalam Mempersiapkan Siswa untuk Memahami Bahasa Jawa di Sekolah Dasar
Bahasa Jawa adalah salah satu mata pelajaran yang harus dipelajari oleh siswa sekolah dasar karena fakta bahwa bahasa berfungsi sebagai jembatan untuk berkomunikasi secara sosial. Oleh karena itu, siswa harus dididik sejak kecil untuk terbiasa berbicara sesuai dengan norma dan standar bahasa. Sebenarnya, minat siswa terhadap bahasa daerah, terutama Bahasa Jawa, mulai menurun karena sulit untuk diterapkan dan pengaruh lingkungan mereka yang terbiasa menggunakan Bahasa Jawa secara sehari-hari (ngoko). Oleh sebab itu, penelitian ini bermaksud untuk melakukan Langkah awal yakni melakukan analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis permainan yang mampu memfasillitasi siswa belajar Bahasa jawa baik secara teori maupun praktik. Metode penelitian ini adalah jenis campuran (mixed), dengan riset kuantitatif dan kualitatif. Instrument pengumpulan yang digunakan yaitu angket sementara untuk riset kualitatif adalah pedoman wawancara. Sampel yang terlibat pada riset ini terdiri atas 28 siswa sekolah dasar, dan 1 informan. Presentasi dan desrkipsi digunakan untuk menganalisis data hasil kuisioner maupun wawancara. Hasil menunjukkan bahwa siswa mampu menggunakan smartphone. Mereka telah memasang berbagai permainan di perangkat mereka dan memainkan mereka dengan penuh minat, seringkali bermain selama lebih dari 60 menit tanpa bosan. Beberapa dari mereka juga menawarkan gambaran materi pembelajaran, soal, dan pembahasan sebagai komponen penting dari permainan pendidikan. Selanjutnya, penelitian ini menemukan bahwa ada potensi dan peluang untuk memasukkan media pembelajaran berbasis permainan ke dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Ini akan memungkinkan siswa memahami materi pelajaran dengan lebih baik dan meningkatkan keterampilan bahasa mereka.