Program Bimbingan & Konseling untuk Meningkatkan Harga Diri Peserta Didik SMPIT di Pare-Pare
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3040Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengembangkan program bimbingan dan konseling harga diri siswa kelas VIII di SMP Islam Terpadu di Pare-Pare. Hal ini berdasarkan temuan awal perlunya penilaian dengan menggunakan instrumen skala harga diri yang menunjukkan bahwa aspek harga diri masih rendah, dimana siswa yang memiliki harga diri rendah cenderung mengganggu perkembangan pembelajaran di kelas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian & pengembangan. Tujuan utama dari penelitian ini adalah menghasilkan produk untuk pengembangan program layanan bimbingan dan konseling di SMP Islam Terpadu di Pare-Pare Sulawesi Selatan. Berdasarkan hasil analisis lembar pretest & posttest pada diagram dapat disimpulkan bahwa program BK untuk meningkatkan harga diri siswa sangat efektif karena terbukti dapat meningkatkan harga diri siswa SMPIT di Pare-Pare.