Peran Operator Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Sistem Informasi Manajemen Pendidikan SDN 34/I Teratai
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3039Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran operator sekolah dalam meningkatkan mutu sistem informasi manajemen pendidikan di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yakni metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Penelitian dilakukan di SDN 34/I Teratai dengan menjadikan satu operator sekolah sebagai objek penelitian. Salah satu bagian penting dari pendidikan yakni sistem informasi manajemen. Operator sekolah berperan sebagai pengelola sistem informasi manajemen yang berpengaruh pada peningkatan mutu sekolah itu sendiri. Sistem informasi manajemen SDN 34/I Teratai dikelola dengan baik oleh ooperator sekolah, dimulai dari awal semester ganjil hingga akhir semester genap. Pengelolaan data-data yang dilakukan operator sekolah berjalan dengan baik dan tidak dapat dilakukan oleh tenaga pendidik. Operator sekolah juga mengelola data internal maupun eksternal dengan teliti, baik data kepala sekolah, guru-guru, siswa, maupun sumber daya sekolah lainnya. Operator sekolah telah memiliki kemampuan dan kompetensi yang sangat baik dalam membantu pengelolaan sistem informasi manajemen sekolah, hal ini dibuktikan dengan peraihan gelar sekolah adiwiyata tingkat nasional dan terdatanya SDN 34/I Teratai sebagai sekolah penggerak yang telah berjalan selama 2 tahun. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peran operator sekolah sangat penting dikarenakan dapat meningkatkan mutu sistem informasi manajemen pendidikan di SDN 34/I Teratai Muara Bulian.