Pengaruh Otonomi Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu di SDN 55/I Sridadi

Authors

  • Rekhano Andria Parastu
  • Dimas Dwi Dinata Universitas Jambi, Indonesia
  • Dwi Tyastuti Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3038

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian kualitatif. Dengan sampel sebanyak 33 orang dengan spesifikasi kepala sekolah, guru, staff, dan siswa. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SDN 55/I Sridadi yang secara konseptual telah diakui kepala sekolah bahwa SDN 55/I Sridadi pada tahun 2023 telah meraih prestasi dengan gelar Akreditasi A. dengan persiapan berkas sampai pada pengadaan beberapa sarana dan prasarana penunjang serta pengawasan terhadap kinerja tenaga pendidik dan kependidikan. Analisis kelulusan standar yang digunakan sekolah adalah mengikuti ujian teori dan praktek, standar KKM untuk semua mata pelajaran adalah nilai 75 serta rata-rata ujian sekolah 7,50 dan ujian nasional 5,50. Berdasalkan hasil penelitian yang dilakukan dapat simpulkan bahwa dengan adanya otonomi pendidikan mampu memingkatkan kualitas sekolah secara khusus dan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan secara umum karena masing-masing daerah dan sekolah lebih keatif untuk mengembangkan program sekolah sebagai penunjang peningkatan mutu.

Published

2023-10-02

How to Cite

Parastu, R. A. ., Dinata, D. D. ., Tyastuti, D. ., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Pengaruh Otonomi Pendidikan terhadap Peningkatan Mutu di SDN 55/I Sridadi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8121-8125. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3038