Pengaruh Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru Online terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Kota Bandung
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3035Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru online terhadap kualitas pelayanan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Kota Bandung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian mix method dengan tipe penelitian survei. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 88 orang dan metode penarikan sampel menggunakan teknik random sampling dan purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis variabel implementasi kebijakan masuk dalam kategori “sangat baik” dan kualitas pelayanan masuk dalam kategori “baik”. Berdasarkan hasil uji regresi linier sedehana menunjukkan bahwa variabel implementasi kebijakan penerimaan peserta didik baru online berpengaruh terhadap kualitas pelayanan pendidikan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 23 Kota Bandung. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi implementasi kebijakan maka kualitas pelayanan akan semakin tinggi pula, sebaliknya semakin rendah implementasi kebijakan maka kualitas pelayanan juga semakin rendah.