Pengaruh Personal Branding dan Personal Skill dengan Knowledge Sharing sebagai Variabel Moderasi terhadap Efektivitas Sosial Media Linkedin di Provinsi DKI Jakarta

Authors

  • Rahmat Mustakim Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia
  • FX Suwarto Universitas Esa Unggul, Indonesia
  • Faisal Marzuki Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3022

Abstract

LinkedIn menjadi sosial media yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan dan membangun koneksi secara profesional, jika pengalaman dalam menggunakan sosial media LinkedIn dapat dilakukan secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Personal Branding dan Personal Skill terhadap Efektivitas Sosial Media LinkedIn, dan efek moderasi Knowledge Sharing. Penelitian ini melibatkan 100 responden pengguna sosial media LinkedIn di Provinsi DKI Jakarta dengan menggunakan kategori non probability dengan jenis purposive sampling dan accidental sampling. Rumus Lemeshow digunakan untuk menghitung sampel karena jumlah penduduk di Provinsi DKI Jakarta yang menggunakan sosial media LinkedIn tidak diketahui secara pasti. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner melalui alat google form secara online. Adapun hasil penelitian berdasarkan analisa data Smart PLS 4.0 menyimpulkan bahwa Personal Branding berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Efektivitas, Personal Skill berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap Efektivitas, Knowledge Sharing memiliki pengaruh dan tidak signifikan terhadap Efektivitas, Knowledge Sharing mampu menjadi variabel moderasi bagi pengaruh Personal Branding terhadap Efektivitas dan Knowledge Sharing mampu menjadi variabel moderasi bagi pengaruh Personal Skill terhadap Efektivitas.

Published

2023-10-02

How to Cite

Mustakim, R. ., Suwarto, F. ., & Marzuki, F. . (2023). Pengaruh Personal Branding dan Personal Skill dengan Knowledge Sharing sebagai Variabel Moderasi terhadap Efektivitas Sosial Media Linkedin di Provinsi DKI Jakarta. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7979-7987. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3022