Pengembangan Model Pendidikan Karakter di Madrasah dan Pesantren
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3005Abstract
Pendidikan karakter adalah suatu sistem penanaman nilai- nilai karakter kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran, kemampuan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai yang bertujuan untuk membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang semuanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan yang Maha Esa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif dengan instrument library research. Data penelitian ini adalah data kualitatif berupa uraian, paparan dan tulisan yang dirujuk dari sumber yang berikaitan dengan masalah penelitian, baik dalam bentuk buku, jurnal, dan artikel. Metode penelitian ini deskriptif, yaitu memaparkan data dalam bahan pustaka sesuai kajian yang relevan. Teknik pengumpulan data yang yang dijadikan alat untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik dokumenter: yakni, data digali melalui dokumen dari berbagai bahan pustaka, kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis isi. Hasil dari penelitian ini dapat ditemukan sintesis bahwa Madrasah dan pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam berfungsi menghubungkan sistem lama dan sistem baru dengan jalan mempertahankan nilai-nilai lama yang masih baik dan dapat dipertahankan dan mengambil sesuatu yangbaru dalam ilmu, teknologi, dan ekonomi yang bermanfaat bagi kehidupan umat Islam. Madrasah dan Pesantren sebagai wadah pendidikan islam memiliki tujuan untuk menhantarkan manusia agar memili budi pekerti yang baik. Untuk merealisasikan hal tersebut perlu adanya model yang tepat dalam lembaga pendidikan yaitu Model Tazkirah, Model Istiqomah, dan Model Iqra Al-Fikr.