Inovasi Pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan Berbasis Information Technology untuk Mengembangkan Sekolah Muhammadiyah Unggulan
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.3000Abstract
Salah satu karateristik yang harus melekat di dalam model sekolah unggulan adalah sistem pembelajaran yang baik dan menyesuaiakan keadaan zaman. Muhammadiyah sebagai peletak dasar pendidikan Islam, mempunyai tanggungjawab untuk melakukan pembaharuan dengan mengolaborasikan pembelajaran Al Islam dan Kemuhamamdiyahan dengan teknologi informasi. Penelitian ini dilakukan pada SMP Muhammadiyah PK Kota Barat Surakarta dan SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Sukoharjo, mendapatkan diskripsi tentang inovasi pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis IT untuk pengembangan sekolah Muhammadiyah unggulan. Studi lapangan ini memakai pendekatan kualitatif yang penekanan dalam analisis datanya berupa kata tertulis atau lisan maupun gambar. Data informasi dikumpulkan dengan teknik wawancara serta dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode induktif dengan beberapa langkah yaitu mengumpulkan dan mereduksi data, menyajikan data dalam bentuk cerita dan deskripsi, kemudian menulis kesimpulan. Kajian ini menemukan bahwa inovasi pembelajaran Al Islam dan Kemuhammadiyahan berbasis IT di SMP Muhammadiyah PK Kota Barat Surakarta dan SMP Muhammadiyah Al-Kautsar PK Sukoharjo meliputi: 1) Penggunaan web (e-learning) sebagai sumber belajar peserta didik; 2) Penggunaan lab komputer ; 3) Penggunaan LCD dan proyektor dalam menunjang pembelajaran; 4) Penggunaan platform media digital dalam pembelajaran seperti power point, canva, googleform, zoom meeting, quizziz dan yang lainnya.