Evaluasi Implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan Jenjang SMK di Kabupaten Semarang
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2998Abstract
Pendidikan adaptif mempersiapkan lulusan yang dapat menghadapi tantangan hidup yang ada di masa depan. Sekolah harus mampu menciptakan lingkungan yang menyenangkan dapat menunjang kemampuan siswa mengembangkan potensinya Penelitian ini mengevaluasi implementasi Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di SMKN 1 Jambu. Tujuan penelitian: mendeskripsikan implementasi GSM, mendeskripsikan pengaruh GSM terhadap perilaku siswa; (3) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi hasil implementasi GSM di SMK Negeri 1 Jambu 1 Jambu. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi model Goal Free Oriented. Teknik analisis data kualitatif berdasarkan Miles dan Huberman. Implementasi program GSM dilaksanakan sesuai standar yaitu 4 indikator yang tercapai dengan baik. Pembelajaran berorientasi pada siswa, model PjBL, penerapan karakter yang baik., faktor yang paling signifikan adalah faktor lingkungan dan dukungan dari semua warga sekolah dalam pelaksanaan GSM.