Pengaruh Gender terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Swasta Harapan Mandiri Medan

Authors

  • Fritz Hotman Syahmahita Damanik Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2995

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gender terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Swasta Harapan Mandiri Medan. Metode analisis kuantitatif digunakan untuk menguji hubungan antara variabel independen (gender) dan variabel dependen (motivasi belajar siswa). Hasil analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa gender memiliki pengaruh yang sangat rendah terhadap motivasi belajar siswa. Koefisien regresi menunjukkan bahwa gender hanya berkontribusi sebesar 0,603 pada setiap peningkatan 1 poin terhadap motivasi belajar siswa. Analisis koefisien korelasi menunjukkan korelasi yang sangat rendah yaitu 0,119 atau 11,90% antara gender dan motivasi belajar siswa. Hasil analisis koefisien determinasi, ditemukan bahwa gender hanya memiliki kontribusi sebesar 8,00% terhadap motivasi belajar siswa, sementara sisanya, sekitar 86,00%, dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang belum diteliti. Uji hipotesis menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh signifikan antara gender dan motivasi belajar siswa. Hasil ini mendukung kesimpulan bahwa gender tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Swasta Harapan Mandiri Medan.

Published

2023-10-01

How to Cite

Damanik, F. H. S. . (2023). Pengaruh Gender terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Swasta Harapan Mandiri Medan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7703-7709. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2995