Meningkatkan Karakter Peduli Sosial Peserta Didik Melalui Ekstrakulikuler Pramuka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2989Abstract
Pendidikan karakter sangat penting untuk diterapkan di setiap kalangan pendidikan. Pendidikan karakter tidak hanya didapatkan pada kegiatan yang bersikap akademik saja, akan tetapi pendidikan karakter juga bisa didapatkan pada kegiatan di luar jam akademik salah satunya melalui kegiatan ektrakurikuler. Kegiatan ekstrakurukuler pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang sangat meberikan kontribusi besar terhadap peningkatan karakter peserta didik. Karater peduli sosial pada masa perkembangan zaman sekarang menjadi center yang sangat perlu untuk diperhatikan. Tujuaan pada penelitian ini adalah untuk dapat mengetahui peningkatan karakter peduli sosial peserta didik melalui ektrakulikuler pramuka di sekolah dasar. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan redaksi data, penarikan kesimpulan dan penyajian data. Hasil penelitian ini diperoleh bahwasanya peningkatan karakter peduli sosial peserta didik melalui ektrakulikuler pramuka di sekolah dasar terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh pembina pramuka dan pika sekolah yang mendukung yaitu pengamalan kode kehormatan pramuka, belajar sambil melakukan, kegiatan dialam terbuka, system beregu, serta berinteraksi dengan anggota pramuka yang dewasa.