Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran SDN 14/I Sungai Baung

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Jambi, Indonesia
  • Wiwin Harliyani Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2978

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Sistem Informasi Manajemen di SDN 14/I Sungai Baung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan sistem informasi manajemen sangat penting di lembaga pendidikan khususnya di SDN 14/I Sungai Baung, dengan menggunakan aplikasi pengolah data yaitu; Data Pokok Pendidik (Dapodik) dan teknologi informasi dalam mendukung proses pembelajaran memberikan layanan pendidikan dengan menfasilitasi praktik pembelajaran dengan menggunakan atau memanfaatkan infrastkruktur teknologi, seperti fasilitas belajar dengan memadukan komputer; dan (2) pelaksanaan proses  pembelajaran di SDN 14/I Sungai Baung berdasarkan hasil penelitian yaitu sebelum melaksanakan proses pembelajaran harus melalui tiga tahapan penting, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.

Published

2023-10-01

How to Cite

Aisyah, S. ., Harliyani, W. ., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Penerapan Sistem Informasi Manajemen Pendidikan dalam Proses Pembelajaran SDN 14/I Sungai Baung. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7569-7579. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2978