Meta Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2971Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran berdiferensiasi guna meningkatkan hasil belajar pada siswa. Metode meta analisis digunakan sebagai metode dalam penelitian ini. Pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan teknik dokumentasi melalui upaya penelusuran artikel menggunakan mesin pencarian google cendekia. Sumber data dalam penelitian adalah 10 jurnal penelitian dari jurnal nasional dengan kriteria yang umum baik dari segi jenjang pendidikan maupun metode penelitian yang dipakai. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis data kuantitatif dengan hasil presentase dan analisis data kualitatif berupa pendeskripsian terhadap penelitian-penelitian yang dikaji. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi terbukti mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pembelajaran berdiferensiasi dapat diterapkan pada siswa di berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA. Pembelajaran berdiferensiasi mampu menjawab masalah pembelajaran yang dialami para guru di dalam kelas melalui konsep pemenuhan kebutuhan siswa dari segi kesiapan belajar, profil belajar serta minat siswa. Pembelajaran berdiferensiasi yang tergolong pendekatan baru ini sebagian besar masih digunakan sebagai strategi untuk perbaikan pembelajaran melalui penelitian tindakan kelas.