Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Efektif Siswa Kelas VI/B SDN 55 Sridadi
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2969Abstract
Penelitian ini berfokus pada tiga pertanyaan mendasar: 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa kelas VI/B di SDN 55 Sridadi, 2) Bagaimana teknik latihan yang digunakan pendidik untuk menghadirkan siswa kelas VI/B di SDN 55 Sridadi, dan 3) Bagaimana pengaruh kegiatan pembelajaran pada siswa kelas VI/B di SDN 55 Sridadi? Tiga metode pengumpulan data yang digunakan dalam metode deskriptif kualitatif: pertemuan, persepsi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian sekunder dan primer (informan). Tulisan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang efektif secara otomatis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 55 Sridadi dan aktivitas belajar siswa berdasarkan observasi dan analisis aktivitas siswa kelas VI/B dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan penataan yang diikuti oleh pendidik kelas VI/B SDN 55 Sridadi adalah: 1) Pendekatan Pembelajaran Afektif; 2) Pendekatan Pembelajaran Kontekstual; 3) Pendekatan Pembelajaran Inkuiri; 4) Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah; dan 5) Pendekatan Pembelajaran Kooperatif.