Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Efektif Siswa Kelas VI/B SDN 55 Sridadi

Authors

  • Gusnia Rindiani Universitas Jambi, Indonesia
  • Amelia Murba Universitas Jambi, Indonesia
  • Ahmad Sobari Universitas Jambi, Indonesia
  • Yantoro Yantoro Universitas Jambi, Indonesia
  • Bradley Setiyadi Universitas Jambi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2969

Abstract

Penelitian ini berfokus pada tiga pertanyaan mendasar: 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan pembelajaran siswa kelas VI/B di SDN 55 Sridadi, 2) Bagaimana teknik latihan yang digunakan pendidik untuk menghadirkan siswa kelas VI/B di SDN 55 Sridadi, dan 3) Bagaimana pengaruh kegiatan pembelajaran pada siswa kelas VI/B di SDN 55 Sridadi? Tiga metode pengumpulan data yang digunakan dalam metode deskriptif kualitatif: pertemuan, persepsi, dan dokumentasi. Sumber data penelitian sekunder dan primer (informan). Tulisan ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang efektif secara otomatis dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di SDN 55 Sridadi dan aktivitas belajar siswa berdasarkan observasi dan analisis aktivitas siswa kelas VI/B dalam kegiatan pembelajaran. Pelaksanaan penataan yang diikuti oleh pendidik kelas VI/B SDN 55 Sridadi adalah: 1) Pendekatan Pembelajaran Afektif; 2) Pendekatan Pembelajaran Kontekstual; 3) Pendekatan Pembelajaran Inkuiri; 4) Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah; dan 5) Pendekatan Pembelajaran Kooperatif.

Published

2023-10-01

How to Cite

Rindiani, G. ., Murba, A. ., Sobari, A. ., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. . (2023). Strategi Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Efektif Siswa Kelas VI/B SDN 55 Sridadi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7482-7485. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2969