Pelaksanaan Kegiatan Menari Kreatif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini

Authors

  • Femi Indriyatama Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia
  • Lilis Suryani Universitas Panca Sakti Bekasi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2938

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan tari kreatif dalam pengembangan kemampuan kognitif anak di TK Ananda Islamic School kota Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskripti. Subjek pada penelitian ini ialah siswa, kepala sekolah, pendidik TK Ananda Islamic School Jakarta Barat. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data mengacu pada model Milles dan Huberman. Proses pembelajaran tari kreatif TK Ananda Islamic School meliputi: perencanaan tema, penentuan ragam gerakan, kostum, dan jadwal latihan bersama siswa. Urgensi penelitian ini yaitu memberi sudut pandang baru bahwa dari kegiatan menari kreatif menstimulasi kognitif anak usia dini. Hasil penelitian dapat dideskripsikan bahwa adanya pelaksanaan kegiatan menari kreatif sudah berjalan dengan baik, serta kegiatan tari kreatif mampu memberi dampak positif dalam pengembangan kemampuan kognitif anak usia dini seperti kemampuan kognitif bidang auditori, visual, taktil, kinestetik, dan aritmatik, serta perkembangan kreativitas pada anak.

Published

2023-10-01

How to Cite

Indriyatama, F. ., & Suryani, L. . (2023). Pelaksanaan Kegiatan Menari Kreatif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7674-7682. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2938