Penggunaan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2896Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang timbul dalam pembelajaran fisika di kelas terutama hasil belajar peserta didik yang rendah serta motivasi belajar yang kurang, peserta didik lebih banyak menggunakan handphone untuk bermain games, peneliti mengabungkan kemajuan teknologi untuk membuat media pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif untuk melihat bagaimana hasil belajar peserta didik dengan menggunakan media flascard berbasis augmented realty materi hukum Kepler di SMA. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Rantau Alai yang berjumlah 22 orang, instrument pengumpulan data berupa tes hasil belajar yaitu pretest dan post test Teknik Analisa datanya adalah berdasarkan hasil hitung dari nilai pretest dan posttest tersebut, maka selanjutnya diannalisis dengan menggunakan gain dari normalisasi N-gain. Dari perhitungan didapat bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik dengan nilai n-gain 0,82 diatas 0,7 ini artinya media flashcard berbasis augmented reality efektif digunakan sebagai media pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.