Model Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2877Abstract
Pendidikan kewirausahaan mulai dari sekolah dasar harus diupayakan agar terintegrasi dengan mata pelajaran yang ada dan harus sesuai dengan butir-butir kebijakan nasional dalam bidang pendidikan. Metode penelitian yang Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang berifat library research. Teknik analisis data kualitatif tipe deskriptif melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa prinsip-prinsip yang digunakan dalam pengembangan pendidikan kewirausahaan di sekolah yaitu: (1)Proses pengembangan nilai- nilai kewirausahaan merupakan sebuah proses panjang dan berkelanjutan; (2) Materi nilai- nilai kewirausahaan bukanlah bahan ajar biasa; (3) Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru tidak perlu mengubah pokok bahasan yang sudah ada tetapi menggunakan materi pokok bahasan itu untuk mengembangkan nilai-nilai kewirausahaan; (4) Digunakan metode pembelajaran aktif dan menyenangkan.