Implementasi Pembelajaran Kreatif-Produktif KH. Ahmad Dahlan melalui Teaching Factory untuk Meningkatkan Kesiapan Kerja di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2779Abstract
Pendidikan di era modern ini menghadapi tantangan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kesiapan kerja yang tinggi dan relevan dengan tuntutan industri. Salah satu pendekatan yang diadopsi oleh institusi pendidikan adalah pembelajaran kreatif-produktif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi implementasi pembelajaran kreatif-produktif dengan model Teaching Factory di SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo dan dampaknya terhadap kesiapan kerja siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi pembelajaran kreatif-produktif KH. Ahmad Dahlan melalui Teaching Factory dapat meningkatkan kesiapan kerja siswa SMK Muhammadiyah 1 Sukoharjo, dengan mengintegrasikan pengalaman praktis, keterampilan, dan inovasi dalam proses pembelajaran, siswa dapat lebih siap menghadapi dunia kerja dengan percaya diri dan kompeten.