Pengaruh Penggunaan Media Festo Fluidsim untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektropneumatik Siswa di SMK YPWKS Cilegon

Authors

  • Intan Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Mohammad Fatkhurrokhman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia
  • Didik Aribowo Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2736

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dan peningkatan hasil belajar pada penggunaan media Festo Fluidsim untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sistem kontrol elektropneumatik (SKEP) di SMK YPWKS Cilegon. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasy Experimental Design dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Metode pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dokumentasi, dan pemberian tes. Adapun pengujian validitas instrumen melibatkan dua dosen PVTE Untirta, satu guru mata pelajaran, serta uji coba instrumen oleh 42 siswa SMK. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat analisis, dan uji hipotesis. Berdasarkan pengolahan data, diperoleh hasil rata-rata (mean) pada pretest kelas kontrol yaitu 67,08 dan kelas eksperimen yaitu 70,20. Hasil rata-rata (mean) pada posttest kelas kontrol yaitu 72,50 dan kelas eksperimen yaitu 80,00. Pada hasil pengujian data, diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 dimana nilai sig. (2-tailed) < 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh pada hasil belajar siswa. Selain itu, diperoleh nilai thitung yaitu 3.926 dengan n – k = 24 dimana n adalah jumlah responden dan k adalah jumlah variabel, sedangkan nilai ttabel yaitu 2.026. Dengan demikian thitung > ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media Festo Fluidsim terhadap peningkatan hasil belajar elektropneumatik siswa. Uji n-gain score pada kelas kontrol diperoleh hasil 0,201 dan pada kelas eksperimen diperoleh hasil 0,408. Dimana pada kelas kontrol nilai g < 0,3 yang termasuk kedalam kategori “rendah”, sedangkan pada kelas eksperimen nilai 0,3 ? g ? 0,7 yang termasuk kedalam kategori “sedang”. Demikian terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 20,7 (dalam persen). Maka dapat disimpulkan bahwa keefektifan penggunaan media Festo Fluidsim untuk meningkatkan hasil belajar siswa dapat dinyatakan “efektif”.

Published

2023-10-01

How to Cite

Lestari, I. ., Fatkhurrokhman, M., & Aribowo, D. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Festo Fluidsim untuk Meningkatkan Hasil Belajar Elektropneumatik Siswa di SMK YPWKS Cilegon. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7775-7782. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2736