Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Kegiatan di Sekolah

Authors

  • Sanasintani Sanasintani Institut Agama Kristen Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Iwan Henri Kusnadi Universitas Subang, Indonesia
  • Blandina Hendrawardani Politeknik Piksi Ganesha, Indonesia
  • Bambang Ismaya Universitas Singaperbangsa Karawang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2538

Abstract

Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan sumber daya manusia di sekolah. Manajemen Sumber Daya Manusia merupakan salah satu faktor yang penting dalam kemajuan suatu organisasi. Tingkat keberhasilan pendidikan nasional menentukan kualitas negara. Semakin tinggi tingkat pendidikan suatu negara, semakin baik masyarakatnya. Penelitian ini menggunakan studi kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumen yang diolah dengan teknik trianggulasi. Data primer dan sekunder adalah sumber data yang diambil oleh peneliti secara langsung melalui observasi sekolah dan wawancara dengan guru dan kepala sekolah. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat faktor dalam melakukan seleksi sehingga akhirnya mendapatkan tenaga yang kopeten di bidangnya. Terdapat dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Dalam faktor internal, pihak sekolah dapat bekerja sama dengan departemen atau Dinas Pendidikan setempat sebagai penyalur tenaga kependidikan. Sedangkan dengan fakor eksternal nya yakni melakukan tes tulis dan tes lisan pada calon tenaga kependidikan. Dalam mengembangkan manajemen sumber daya manusia, yang menjadi fakor utama selain tes tulis dan tes lisan ialah kemampuan mengakses teknologi informasi dan internet sehigga sekolah dapat memiliki tenaga kependidikan yang tidak tertinggal seiring perkembangan zaman.

Published

2023-10-01

How to Cite

Sanasintani, . S., Kusnadi, I. H., Hendrawardani, B., & Ismaya, B. (2023). Penerapan Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Kegiatan di Sekolah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7690-7698. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2538