Menumbuhkan Sikap Sosial melalui Pembelajaran Project Based Learning pada Pendidikan Agama Islam
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2489Abstract
Dalam pembelajaran tentunya banyak model-model pembelajaran yang bisa diterapkan dalam pendidikan terutamanya dalam pendidikan agama Islam, tetapi tidak semua model pembelajaran ini cocok diterapakan pada zaman modern ini yang dimana ditekankan pada perilaku atau sikap siswa yang menjadi sorotan penting dalam pembelajaran, nah untuk itu peneliti ingin mengetahui pembelajaran project based learning dalam menumbuhkan sikap sosial pada pendidikan agama Islam. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan analisis literatur. Hasil penelitian dianalisis secara kualitatif dengan mengorganisir dan menganalisis data yang telah terkumpul. Penelitian ini juga memperhatikan aspek etika penelitian, seperti pengutipan yang tepat dan menjaga objektivitas dalam interpretasi hasil penelitian. Hasil dan pembahasannya yaitu penelitian ini mendeskripsikan bahwa PjBL dapat meningkatkan sikap sosial pada siswa dalam pembelajaran PAI, PjBL juga dapat membantu siswa memahami nilai-nilai sosial dalam Islam, seperti sopan santun, kebaikan hati, kejujuran, dan empati. Selain itu, PjBL juga dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial, seperti keterampilan komunikasi yang baik, kerja sama tim, dan menghargai perbedaan pembelajaran pendidikan agama Islam yang serta tentu dapat membantu siswa menumbuhkan sikap sosial seperti kolaborasi, refleksi, kreativitas, dan pembelajaran aktif pada siswa. Model ini dapat membantu siswa membangun keterampilan sosial penting dalam kehidupan sehari-hari dan memahami nilai-nilai ajaran Islam yang menekankan pentingnya sikap sosial. Oleh karena itu, penggunaan model PjBL diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan membantu siswa mengembangkan karakter yang baik dan akhlak mulia.