Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Reopening
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2487Abstract
Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak di dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar. Motivasi belajar menjamin kelangsungan kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subjek belajar itu dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di masa reopening. Jenis penelitian ini adalah penelitian campuran (kuantitatif dan kualitatif) atau mix method. Jumlah responden 150 orang. Data dikumpulkan dengan kuesioner, lalu dianalisis menggunakan regresi liner dengan alat bantu SPSS 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,864>1,662), serta nilai signifikansi 0,000. Penelitian ini juga mengemukakan bahwa peran guru dan orangtua harus saling melengkapi dalam meningkatkan motivasi belajar.