Penanaman Karakter Tanggung Jawab pada Anak Usia Dini dengan Metode Dongeng
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2306Abstract
Karakter tanggung jawab pada anak perlu dikembangkan oleh orang tua, guru, dan lingkungan masyarakat. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dongeng sebagai media penanaman karakter tanggung jawab pada anak usia dini. Metode yang dilakukan yaitu menceritakan sebuah dongeng secara interaktif yang berkaitan dengan aktivitas anak sehari-hari yang menunjukkan sikap tanggung jawab, dengan bantuan properti pendukung ditambah dengan kontrak belajar dan sistem reward token ekonomi. Program pendidikan karakter tanggung jawab ini dilakukan di TK Aisyiyah 03 Kadipiro Surakarta dengan jumlah peserta 10 anak dengan jenis kelamin perempuan dan laki-laki. Setelah kegiatan dongeng dilaksanakan, maka wali murid diberikan lembar pemantauan untuk melihat kondisi perkembangan tanggung jawab anak dalam aktivitas sehari-hari. Pada hari berikutnya, dilakukan post test dengan wawancara pada guru dan pengamatan perilaku. Hasil menunjukkan bahwa metode dongeng dapat meningkatkan karakter tanggung jawab anak usia dini.