Analisis dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Enzim Katalase

Authors

  • Yenni Verawati Universitas Pendidikan Indonesia
  • Bambang Supriatno Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2276

Abstract

Kegiatan praktikum adalah potongan yang penting dalam kegiatan pembelajaran biologi. Alasannya karena dengan melakukan praktikum dapat memperluas rasa ingin tahu, keaktifan, kreativitas, dan inovatif pada diri siswa. Desain Kegiatan Laboratorium (DKL) adalah salah satu dari sekian contoh perangkat pada pembelajaran yang disusun dengan tujuan untuk menyuguhkan pedoman kegiatan praktikum bagi siswa, kelak dapat memberi kesempatan kepada siwa untuk dapat memperluas juga memperdalam kemampuan metakognitif pada siswa karena siswa memiliki kemampuan untuk menghubungkan proses berpikirnya dengan praktikum yang dilakukan. Banyak DKL yang ditemukan di lapangan ternyata belum dapat sepenuhnya membantu siswa dengan maksimal dalam mengonstruksi pengetahuan dan memperluas serta memperdalam keterampilan proseduralnya Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis DKL uji enzim katalase yang ada pada buku paket Biologi SMA dari segi judul, tujuan, dan prosedur serta segi kelengkapan komponen berdasarkan diagram Vee. Penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian deskriptif kualitatif melalui tahapan ANCOR dengan sampel sebanyak enam DKL yang diambil dari buku KTSP dan Kurtilas dalam rentang tahun 2006-2019. Hasil penelitian analisis dari segi judul, tujuan, dan prosedur menunjukkan bahwa mayoritas DKL yang ada pada buku SMA yang telah dianalisis sudah memiliki kategori yang baik, khususnya dalam isi judul, tujuan, dan prosedur, walau belum maksimal. Di sisi lain, hasil penelitian analisis dari segi kelengkapan komponen berdasarkan diagram Vee adalah bahwa DKL yang digunakan pada buku panduan siswa tingkat SMA cukup dapat mengonstruksi pengetahuan baru siswa, walaupun belum maksimal juga. Diberikan suatu inovasi pada rekonstruksi DKL dengan mengganti larutan H2O2 menjadi Vanish.

Published

2023-10-03

How to Cite

Verawati, Y., & Supriatno, B. . (2023). Analisis dan Rekonstruksi Desain Kegiatan Laboratorium Enzim Katalase. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8371-8380. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2276