Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas VII

Authors

  • Intan Pertiwi Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Leni Marlina Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Ketang Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis gaya belajar VAK (visual, auditori, kinestetik) dalam pengembangan modul ajar berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Banyuasin 1. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket atau kuesioner yang diadaptasi dari V Chislett MSc & A Chapman. Angket ini berisi pertanyaan yang memungkinkan responden mengungkapkan modalitas gaya belajarnya. Angket bersifat tertutup, di mana responden memilih jawaban dari opsi yang telah disediakan. Data angket yang diperoleh dari responden kemudian direkapitulasi dan dikelompokkan berdasarkan opsi yang paling banyak dipilih. Penelitian ini melibatkan 155 peserta didik kelas 7. Hasil analisis menunjukkan bahwa gaya belajar visual adalah yang paling dominan, diikuti oleh gaya belajar auditori dan kinestetik. Dalam pembelajaran, penting untuk memperhatikan kecenderungan gaya belajar individu dan mengembangkan modul ajar yang berdiferensiasi untuk mengakomodasi gaya belajar yang beragam.

Published

2023-10-02

How to Cite

Pertiwi, I., Marlina, L., & Wiyono, K. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas VII. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8173-8177. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2250