Penguatan Karakter Integritas Sebagai Pencegahan Bullying di Madrasah Aliyah Hi. Hayyun Salumpaga
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2211Abstract
Pendidikan saat ini menitikberatkan pada penguatan pendidikan karakter, dengan ini salah satu tujuan guru adalah menjadikan siswa berakhlak mulia karena lama kelamaan moral siswa menjadi tidak terkendali dan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Banyak kasus-kasus malang yang pernah dialami oleh siswa seperti bullying. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi penguatan karakter integritas sebagai pencegahan bullying di Madrasah Aliyah Hi. Hayyun Salumpaga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk menggambarkan dan mnejelaskan objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui tiga teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguatan karakter integritas dilakukan melalui dua cara; melalui intrakurikuler (berbasis kelas) yakni pembiasaan tanggungjawab dengan memberikan tugas dan memberikan sanksi bagi siswa yang melanggar aturan serta pembiasaan sholat fardu, pembiasaan komitmen moral dilakukan melalui pemberian pesan-pesan moral. Dan melalui kegiatan ekstrakurikuler (berbasis budaya madrasah) yakni Pembiasaan tanggungjawab yaitu pembagian bidang-bidang organisasi, pembiasaan komitmen moral dilakukan dengan cara meatih kerjsama yang baik antar organisasi yang ada dilingkungan madrasah.