Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sosial terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo

Authors

  • Nadila Nadila Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Ardiansyah Ardiansyah Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Usman Moonti Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Rosman Ilato Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2208

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei, Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 36 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruhModel Pembelajaran Inkuiri Sosial Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. Besaran pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sosial Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa 20,2% sedangkan sisanya sebesar 79,8% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Published

2023-10-02

How to Cite

Nadila, N., Ardiansyah, A., Moonti, U. ., & Ilato, R. . (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Sosial terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 12 Kota Gorontalo. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8091-8095. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2208