Meta Analisis Pemanfaatan Aplikasi Kahoot sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2193Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan deskripsi tentang pemanfaatan Aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari jenjang pendidikan, tujuan penelitian, metode atau teknik penelitian, analisis data, serta hasil akhir penelitian dari berbagai kajian penelitian yang telah dilakukan. Pemanfaatan media aplikasi Kahoot di dapatkan dari perolehan hasil dalam penelitian terdahulu yang terpublis. Penelitian ini menggunakan Meta-Analisis. Teknik dalam pengumpulan data adalah dengan menelusiri jurnal terpublikasi dalam google scholer yang berkaitan dengan penelitian pemanfaatan Aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran. Analisis data menggunakan data kuantitatif dalam bentuk hasil perhitungan skala 100% dan data kualitatif dalam bentuk deskriptif. Setiap data dibuat tabel dan dihitung persentasinya untuk mendapatkan nilai tertinggi serta dapat diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Aplikasi Kahoot sebagai media pembelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hasil olahan data dalam lima kategori yaitu tingkat pendidikan SMA sebesar 50%, tujuan penelitian sebagai media pembelajaran 33,3%, metode/teknik pengumpulan data kualitatif sebesari 41,7%, penggunaan analisis data deskriptif kualitatif sebesar 41,7%, serta hasil ahir penelitian yang berdampak pada meningkatnya motivasi belajar siswa sebesar 50%.