Pengaruh Metode Resitasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN Satap Matabulu Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaangmongondow Timur

Authors

  • Nurlian Mokoginta Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Radia Hafid Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Agil Bahsoan Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Usman Moonti Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia
  • Meyko Panigoro Universitas Negeri Gorontalo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2191

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Satap Matabulu Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian deskriptif verivikatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Siswa Kelas VIII SMPN Satap Matabulu Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 29 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Resitasi Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMPN Satap Matabulu Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Besaran pengaruh Metode Resitasi terhadap Motivasi Belajar 25% sedangkan sisanya sebesar 75% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.

Published

2023-10-01

How to Cite

Mokoginta, N. ., Hafid, R. ., Bahsoan, A. ., Moonti, U. ., & Panigoro, M. . (2023). Pengaruh Metode Resitasi terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMPN Satap Matabulu Kecamatan Nuangan Kabupaten Bolaangmongondow Timur. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 7522-7528. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2191